Pepes tahu jamur ala uti

Assalamualaikum , mau berbagi resep masakan nih. Sebelumnya nanya dulu ya..Mom ada yang suka masakan pepes kah? Atau aneka masakan yang dikukus dan berbungkus daun. Pepes itu yummy banget loh kalau untuk teman makan nasi. Jadi begini mom, saat ini kan lagi musim hujan,  nah di pasar banyak banget tuh yang jualan jamur tiram segar qarna putih cerah. Pas kemaren 0agi ke pasar Nusukan tergoda buat beli jamur sebanyak setengah kilo. Uhh kebayang kalau digoreng crispy pasti kriuk dan ngga sampai setengah jam pasti bablas..tak tersisa.

Tapi karena lagi putus hubungan sama gorengan jadi ini jamur mau dimasak apa dong? Minggu lalu habis bikin pepes ikan salem, terus koq jadi kepikiran gimana kalau jamur ini dicampur tahu lalu dipepes. Ingat juga beberapa lalu si akung beli pepes tahu tapi isinya koq ada jamurnya. Wah boleh nih coba bikin pepes Tahu Jamur spesial ala Uti.

Udah ayo resepnya ditulis jangan cerita doang.. Baik saya tulisnya bahan dan bumbu- bumbunya.
Bahannya:
Jamur tiram 250 gr
Tahu putih 5 potong
Daun kemangi secukupnya
Telur ayam 1 butir
Daun pisang untuk memepes
Bumbunya:
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 4 siung
Tomat muda 1 buah
Cabe hijau 3 buah
Cabe merah 2 buah / selera mau pedas level berapa
Garam secukupnya
Gula pasir 1 sdt
Daun Salam

Cara membuatnya:
Tahu dihaluskan, jamur dicuci air hangat sebentar, tomat cabe bawang merah da bawang putih diris. Campurkan semua bumbu ke dalam tahu,jamur,telur juga kemangi aduk rata. Ambil daun pisang yang sdh dijemur sebentar sehingga mudah untuk membungkus.Beri daun salam di atas bahan pepes lalu bungkus yang rapih.Kukus kurang lebih 20 menit. Bila suka bisa dipanggang lagi agar lebih meresap.

Nah mudah kan, ayo bila penasaran silahkan dicoba. Menurut saya sih ini praktis banget dan murah meriah. Anda suka masak yang bahannya sedaehana dan ada di sekitar kita? Tulis dong resepnya dan berbagi disini

 

 

18 KOMENTAR

  1. Gampang ya ti ternyata.. Yang sulit itu cari daun pisangnya..wkwkwk.. Mesti pesen tukang sayur dulu.
    Arin tadi beli jamur nih, tapi tahunya engga.. Pdhl telur ada banyak.

    Kapan2 nyoba ah.. Makasih resepnya ya tii.. 🙂

LEAVE A REPLY