Halo Sob, ada yang menjadikan kartu kredit sebagai gaya hidup ngga? Atau ada yang alergi dengan kartu kredit dan malah menyebutnya sebagai kartu setan? Kalau penglaman saya dengan kartu kredit ada sih. Makanya ingin berbagi nih. Semoga bermanfaat ya.

Hmm kartu kredit itu menurut saya saat ini bisa jadi sahabat dan bisa juga jadi pemicu runyamnya ekonomi keluarga bila tidak bijak dalam menggunakannya. Nah agar lebih bermanfaat makanya kita harus menggunakannya secara cermat. Selain itu kita juga harus bisa melindunginya agar terhindar dari masalah yang tidak kita inginkan.

Ini ada 10 cara buat melindungi Kartu kredit yang anda miliki.

  1. Catat semua nomer kartu kredit yang anda miliki. Ini merupakan usaha kita untuk mempermudah pengurusannya bila tiba tiba kita kehilangan kartu tersebut dan harus melaporkannya ke polisi.
  2. Kumpulkan bukti transaksi anda. Setisp melakukan traksi sebaikanya bukti transaksi disimpan. Gunanya bila terjadi kesalahan dalam tagihan, kita bisa dengan mudah mengeceknya dimana kesalahannya.
  3. Cocokan bukti transaksi dengan lembar tagihan yang anda terima tiap bulan. Ini penting jangan sampai ada perbedaan atau anda tidak merasa mengadakan transaksii tapi dalam tagihan ada transaksi.
  4. Laporkan bila ada kejanggalan dalam tagihan. Anda bisa segera melaporkan segera ke customer service atau ke call center apabila terdapat ketidaksesuaian antara transaksi dan tagihan.
  5. Perhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran. Karena bila anda lengah atau telat anda akan mengalami kerugian akibat keterlambatan anda. Bisa berupa denda ada kredibilitas anda sebagai pemegang kartu kredit. Maka bayarlah sesuai dengan ketentuan yang berlaku ada minimum payment atau lunasi sebesar tahihan yang diminta. Agar di bulan berikutnya anda bisa menggunakannya dengan batas limit yang ada.
  6. Jangan memberi kuasa pada pihak ketiga untuk menyelesaikan tagihan. Urusan kartu kredit lebih baik diselesaikan oleh anda sendiri dan pihak bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.Karena semua kebijakan ada di pihak bank.
  7. Rahadiakan nomer kartu kredit dan PIN anda. Hal ini untuk menghindari berbagai penyalahgunaan yang sering terjadi karena kesalahan kita sendiri yang dengan mudahnya memberitahu nomer dan PIN kartu kredit yang kita miliki kepada keluarga, pihak bank, apalagi orang lain.
  8. Jangan berikan kartu kredit anda pada orang lain. Ini juga untuk menghindari penyalahgunaan. Kartu kredit sama dengan uang. Dengan membetikan kartu kredit anda berarti anda memberi uang kepada orang yang anda beri kartu kredit tersebut.
  9. Jangan menggandakan atau menduplikasikan kartu kredit anda. Untuk alasan apapun jgn sesekali mengcopy dan memberikan nomer kartu kredit anda. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk kecurangan yang pada akhirnya akan merugikan pemilik kartu yang sesungguhnya.
  10. Segera lapor bila kartu kredit anda hilang.Ingat atas kehilangan kartu jadi tanggung jawab pemegang kartu, jadi anda harus segera lapor polisi., dengan surat keterangan dari polisi anda bisa ke customer service atau call center untuk ditindaklanjuti.

Dengan mempelajari tip dan cara aman menggunakan dan memiliki kartu kredit anda sudah beberapa langkah lebih hati-hati dalam menjadikan kartu kredit anda sebagai sahabat. Ingat jangan gunakan kartu kredit anda untuk hal-hal yang konsumtif walau dengan iming-iming diskon yang menggiurkan.

Oke Sob, semoga bermanfaat ya. Salam

 

 

11 KOMENTAR

    • Thank you for your appreciting
      It is not a paid theme, just my participate to share something I have read and sharing to the readers here.
      I think Credit card can be our fellow or anemy. It’s depend on how we use it.

    • Iya Pakde. Banyak sekali kasus penyalahgunaan KK saat ini.
      Terima kasih sudah singgah di sini.
      Btw ingin seperti Pakde bisa ternak tulisan hehe..

    • Banget mba.
      Pada awalnya ngga mengikat.. tapi kalau sudah terjerat..seaksn kiamat.
      Makanya waspada.. Uti nulis ini karena ingin mrngingatkan diri sendiri dan berbagi.

LEAVE A REPLY